Pengurusan untuk Merubah Tanda Tangan Dalam E-KTP






Halo Sahabat blog, beberapa waktu lalu saya baru saja mengurus  perubahan tanda tangan di E-KTP.  Rupanya peroses merubahnya sangat mudah/ gampang dan tidak terlalu ribet, hanya perlu kemauan dan stamina hhe.  Pada tulisan saya ini, saya akan mengupas tuntas cara merubah tanda tangan E-KTP di daerah saya Daerah Istimewa Yogyakarta  dan alhamdulilah biaya dari pegurusan perubahan E-KTP kemarin gratis.

1.Lapor Pak RT

Langkah awal yang harus anda lakukan ialah pergi ke RT setempat. Bilang saja dengan bapak RT kalau anda mau merubah tanda tangan di E-KTP. Pasti otomatis pak RT membuatkan satu lembar surat keterangan/ pengantar. Agar permohonan anda dapat di proses.

2.Lapor Pak RW

Kemudain setelah anda ke pak RT anda langsung ke pak RW untuk meminta persetujuannya atas permohonan anda tersebut. Setelah pak RW mensetujui maka pak RW akan memberikan Stempel dan tanda tangannya.

3.Lapor ke Kelurahan

Setelah Mendapat persetujuan dari pak RT dan RW anda  bias pergi ke kelurahan. Di kelurahan permohonan anda akan di urus lebih lanjut. Surat keterangan/pengantar juga diganti, surat pengantar diganti oleh pihak kelurahan agar bisa dilanjutkan ke kecamatan.


4. Lapor Kecamatan
Di Kecamatan surat anda akan di peroses lebih lanjut. Kemudian anda akan di minta janjian oleh pihak pegawai discapil yang berada pada kecamatan tersebut, kemudian anda akan di arahkan untuk pergi ke DISCAPIL daerah anda. Setelah  E-KTP selesai di rubah di DISCAPIL. Anda diminta lagi kembali ke kecamatan. Menemui pegawai tadi untuk mengaktifkan E-KTP anda.


Begitu peroses saya mengurus perubahan tanda tangan di E-KTP. Semoga bermanfaat. 


Sedikit tambahan cara merubah tanda tangan di BRI sudah saya update, nantikan yang BCA

Cara merubah tanda tangan di BRI
Cara Merubah data diE-KTP itu sangat Mudah

92 Komentar untuk "Pengurusan untuk Merubah Tanda Tangan Dalam E-KTP "

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. kalau didaerah saya tidak ada RT dan RW lalu bagaimana pak ?

    BalasHapus
  3. Surat keterangan dari desa formatnya gmn gen

    BalasHapus
  4. Didaerah saya kata peg. Bagian E-KTP dikantor Camat itu TTd & Foto Tidak Bisa Diganti om, Bagaimana Itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko bisa, mungkin bisa tanyakan ke discapil daerah, kalau foto memang tidak diganti kemaren hanya tanda tangan saja.

      Hapus
    2. Di tmpt sy jg sama seperti mas. Tepatnya d kelurahan daerah sy foto n tnda tangan itu tdk bs dgnti dikarenakan beralasan susah atau ribet lg nntinya saat perubahan ektpnya d kantor camat atau pengurusannya, karena itu data"nya sdh msk k kantor kecamatan.

      Hapus
  5. Didaerah saya kata peg. Bagian E-KTP dikantor Camat itu TTd & Foto Tidak Bisa Diganti om, Bagaimana Itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama di Kota Salatiga. Menurut saya mengganti ttd, foto sama mudahnya dg mengganti status perkawinan, agama. Hanya saja itulah kebijakan pemda setempat.

      Hapus
  6. Terimakasih atas informasinya. Bermanfaat sekali.
    Saya ingin menanyakan beberapa hal:
    1. Setelah mendapatkan surat pengantar RT dan RW, apakah ke kantor kelurahannya kita harus datang sendiri bila pada hari itu adalah hari kerja kita? Atau bisa diwakilkan kalau hanya untuk ke kelurahannya saja?
    2. Setelah mendapat surat pengantar dari kelurahan untuk ke kecamatan, apakah proses dari kecamatan ke discapil lalu kembali lagi ke kecamatan itu bisa dilakukan dalam 1 hari atau membutuhkan waktu berapa lama ya?
    Terimakasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya harus datang sendiri gan.
      Kalau ke discapil tunggu konfirmasi dari kecamatannya gan.
      kalau dari discapil ke kelurahan untuk verifikasi lagi itu hanya 1 hari.

      Hapus
    2. Apakah sudah termasuk untuk domisili jabodetabek untuk pergantian tanda tangan tersebut? Info mas makasih

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  7. Apakah sudah berlaku untuk domisili jabodetabek cara pergantian tanda tangan tersebut? Mohon info mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari info, yang di tulis sobat-sobat dibawah ini. belum

      Hapus
  8. Saya sudah mengurus ke discapil jawabannya tidak bisa karena bnyak kendla harus ke pusat jakarta dll jawab discapil. Tgl 24 09 2016 dini hari

    BalasHapus
  9. Saya sudah mengurus ke discapil jawabannya tidak bisa karena bnyak kendla harus ke pusat jakarta dll jawab discapil. Tgl 24 09 2016 dini hari

    BalasHapus
  10. pak maaf kalo di tangerang bisa ga ngubah tanda tangan

    BalasHapus
  11. Pak.!berapa kira2 waktu & biaya pengurusan ganti tandatangan sampai slesai..!terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya keebtulan tidak mengeluarkan biaya sama sekali

      Hapus
  12. Pak.!berapa kira2 waktu & biaya pengurusan ganti tandatangan sampai slesai..!terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pengurusannya hanya 1 hari saja. tetapi sebelumnya jauh2 hari sekitar 2 mingguan. Kita sudah melapor di Kecamatan

      Hapus
  13. pak ktp saya yg bukan e-ktp akan habis tahun depan apakah saya bisa merubah tanda tangan saya saat mengganti ktp yg baru?
    lalu gimana dengan tanda tangan yg sudah ada di bank?

    BalasHapus
  14. Terimakasih semua informasi nya.
    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:

    1.Apa alasan kalian semua merubah tanda tangan di e-ktp?
    2. lalu bagaimana merubah tanda tangan di Sim jika ingin merubah tanda tangan di e-ktp?
    3. Apa ada biaya khusus untuk perubahan tanda tangan E-ktp tersebut?
    soalnya ketika pembuatan e-KTP saya hanya memberikan uang rokok untuk pegawainya.

    Sekian terimakasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sim atm dll apa perlu di ubah ke ttd yg baru pak?

      Hapus
    2. tidak ada biaya sepeserpun yang saya keluarkan

      Hapus
  15. Pak . Koq di batam tidak bisa mengurus ganti tandatangan yang salah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin tiap daerah, mempunyai kebijakan masing-masing

      Hapus
  16. Pengen ganti tanda tangan Di ektp juga tp ragu takut ditanya2 / gk boleh sama pegawai kelurahan nya hehehe

    BalasHapus
  17. Pengen ganti tanda tangan Di ektp juga tp ragu takut ditanya2 / gk boleh sama pegawai kelurahan nya hehehe

    BalasHapus
  18. Klo ganti foto eKtp sama gan prosesnya?apa lg ektp seumur hidup nanti umur dah 60an wajah msh 20an..tolong pencerahan gan..thx u

    BalasHapus
  19. Kalo ganti ttd e ktp gitu, ijasah jg ttdnya kudu ganti ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sama masalahnya, ijazah s1 saya sama di ktp ttd nya beda :(
      Mohon pencerahannya.

      Hapus
    2. Nah kita sama nasibnya mbak :'(

      Hapus
    3. Samaaa mba :( saya juga bingung ttd ijazah dan ktp beda, mohon pencerahannya

      Hapus
  20. Kalau e-ktp jawa tengah tapi ubah ttdnya di jawa barat gmna gan bisa??

    BalasHapus
  21. Sya mau tanya, kan sudah 6 bulan buat e ktp belum selsai juga dan apa boleh diajukan ganti tanda tangan, caranya gmna soalnya saya baru buat ttd

    BalasHapus
  22. Sya mau tanya, kan sudah 6 bulan buat e ktp belum selsai juga dan apa boleh diajukan ganti tanda tangan, caranya gmna soalnya saya baru buat ttd

    BalasHapus
  23. Sya mau tanya, kan sudah 6 bulan buat e ktp belum selsai juga dan apa boleh diajukan ganti tanda tangan, caranya gmna soalnya saya baru buat ttd

    BalasHapus
  24. Sya mau tanya, kan sudah 6 bulan buat e ktp belum selsai juga dan apa boleh diajukan ganti tanda tangan, caranya gmna soalnya saya baru buat ttd

    BalasHapus
  25. Tanda tangan saya dulu bukan seperti ini. Semenjak ganti ke E-KTP, tanda tangan saya berubah. Saya baru sadar jika ada perubahan pada tanda tangan saya, semenjak saya berurusan dengan Bank. Yg awalnya tanda tangan saya itu mudah, Sekarang saya harus meniru Gaya Tanda Tangan yg ada di E-KTP saya. Hingga sekarang, Jika saya berurusan dengan bank atau administrasi lainnya, saya harus meniru Gaya Tanda Tangan yg di E-KTP. Dan hingga saat ini, perubahan tanda tangan itu, sedang saya urus. Belum ada hasil sama sekali. Karena susah dan ribet. Itu pengalaman saya.

    BalasHapus
  26. Mau perbaikan tanggal lahir ktp, apakah bisa diwakilkan

    BalasHapus
  27. Man kira kira yang daerah demak jawa tengah udah bisa p gk yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin baiknya bisa di coba ke kelurahan domisilinya

      Hapus
  28. Thx gan infonya akhirnya sy sdh berhasil merubah tanda tngan ektp sy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan kena bisa kemaren saya susah alesan nya neh aneg jadi gk bisa katanya. Padahal ttd tangan saya yg d e ktp beda. Sama ktp saya ng lama yg d permasalahin nya d bangk. Pas mau ganti susah nya minta ampun mohon pencerahan nya

      Hapus
  29. Saya mau merubah tanda tangan ktp-el saya krn salah di kantor dukcatpil kota Bekasi. Saya sdh urus pengantar Rt/rw, begitu saya sampai di kantor dukcatpil katanya gak bisa dirubah tanda tangannya krn blanko ktp-el habis tidak tersedia. Tapi kan logika saja apa hubungannya perekaman ulang tanda tangan dgn tersedianya blanko ktp-el, kan aneh menurut saya. Mohon petunjuk pak Admin

    BalasHapus
  30. Bisa di benerin ga klo tanda tangan ad sebagian yg ga ke tulis

    BalasHapus
  31. Gmna klo ganti tanda tangan di e ktp daerah jakarta yah...
    Yg saya tau proses nya 1 tahun...
    Apa benar selama itu. . ???

    Saya blm yakin...

    BalasHapus
  32. Sy juga mau ganti tandatangan. Tp kira2 untuk wil. Kolaka utara apa udah dilayani ya..???

    BalasHapus
  33. itu kalau bisa kan? Kalau ga bisa gimana?

    BalasHapus
  34. Yogyakartanya daerah mana ya gan?
    Saya juga mau ganti tanda tangan nih, saya juga jogja...
    Kalau di banguntapan bisa tidak ya gan?

    BalasHapus
  35. Klo semisal ktpnya msih resi, bisa diganti enggak tandatangannya?

    BalasHapus
  36. saya juga mau ganti tanda tangan, tapi sudah 1,5thn E-ktp saya blm jadi, apakah masih bisa mengubah tanda tangan?? trus bgmn tanda tangan yang di SIM, apa harus mengganti juga??

    BalasHapus
  37. Kalo saya ttg bank ama e-ktp beda . Mau ngerubah ttg yg e-ktp gimna ya???? Minta solusi nya gan.

    BalasHapus
  38. Saya juga mau ganti TTD.
    Dulu pas SMP ada pembuatan ktp massal sebelum umur 17 thn tpi blm jadi2. Saat SMA kls 11 mau buat lagi. Tetapi saat eKTP udah jdi, foto & ttd saya masih yg smp yg pembuatan ktp massal, bukan perekaman pas sma. Karena ttd sma saya beda dg smp. Jdinya ttd ktp sama ijazah sma beda. Itu gmn min? Apa bisa merubah ttd ektp?

    BalasHapus
  39. Bang aji mulai pusing bung

    BalasHapus
  40. saya pernah mengajukan untuk pergantian TTD, lalu saya ke RT setempat, RT setempat menyarankan saya langsung ke DISCAPIL, maka saya ke discapil dan discapil memberikan saya arahan bahwa untuk mengganti TTD pada KTP harus melalui proses persidangan di Pengadilan lalu pengadilan mengeluarkan surat keputusan apaaaaaalah untuk di bawa ke discapil, Apakah memang seperti ini prosedur standarnya atau bgmn ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sy jg di sampaikannya sprti itu, hrus melalui persidangan di pengadilan dulu..apa mmg hrus sprti itu ??

      Hapus
  41. Di tempat sy kota palembang... Dinas kependudukannya ngmg gk bisa ganti tanda tangan.. Mn yg bner ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu lagi... E-ktp sy abis masa berlaku.. Sy sdh mengajukan permohonan utk pembuatan e-ktp yg ktnya seumur hidup.. Ktnya klo selesai di sms in ... Sampai skrg .. Tdk ada kejelasan... Jd skrg pakai e-ktp sementara terus 😂

      Hapus
  42. Kira² bisa ga ganti tanda tangan di e ktp, ngurusnya ribet gak,soalnya ribet kalo harus bulak balik jakarta cianjur

    BalasHapus
  43. Emang bener ganti tanda tangan harus ke pengadilan???,, pegawai discapil kota makassar bilangnya sih kyk gitu, tp kok ribet amat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bro saya juga baru2 mau urus, diarahkan ke PN. Nah, disuruh siapkan uang pendaftaran sidang 300ribu. Belum persyaratan lain macam burning surat pendaftaran.. Benar ngga?

      Hapus
    2. Iya sy jg di suruh ke pengadilan klo mw ganti ttd..

      Hapus
  44. Eaaalahh ternyata bukan hanya saya yg ingin mengubah ttd..lalu bagaimana yah cara yg mudah mengubah ttd tanpa harus persidangan...m

    BalasHapus
  45. E-ktp saya salah tanda tangan persyaratan surat pengantar(ada), kk (ada), ktp (ada) ehh saya disuruh bawa dokumen yg ada tanda tangannya. Saya bingung dokumen yg ada tanda tangan nya apa?

    BalasHapus
  46. Kalau dilihat dari UU nomor 24 tahun 2013 pasal 64 ayat 8
    "(Dalam hal terjadi perubahan elemen data, rusak, atau hilang,
    Penduduk pemilik KTP-el wajib melaporkan kepada Instansi
    Pelaksana untuk dilakukan perubahan atau penggantian)". Dapat disimpulkan yg berkaitan dengan perubahan data2 KTP-el dpt dilakukan. Mungkin petugas didaerah yg mengatakan pergantian data2 ktp-el tdk dpt dilakukan, dapat diperlihatkan peraturan UU trsbt.. trimksih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali kalau hemat saya jika diambil garis besar dan dilihat dari payung hukumnya harusnya pergsntian data dalam bentuk apapun mau itu status tempat lahir bahkan tanda tangan seharusnya kemungkinan besar SANGAT BISA untuk dirubah.... terud kalau misal ada yang bilang sistem dipusatnya sudah ditutup masak iya kita mau ganti status pernikahan brrri juga gak bisa dong hahah. jadilah WNI yang lebih cerdas yukk jangan mau dikibulin lagi yaa semangat

      Hapus
  47. Pak klo proses dari kecamatan ke dukcapil. Apakah d urusnya berhari2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mengurusnya lebih sebulan, tapi bukan karena dinas dukcapil tapi karena saya dinas diluar kota, mungkin seminggu jadi

      Hapus
  48. Klo di sragen bisa ngk lur gnti ttd nya

    BalasHapus
  49. Saya barusan mencoba ngurus perubahan ttd di dukcapil slawi, tpi jawabannya ga bisa karna sudah ditutup sistemnya di pusat...mohon pencerahan agan/sis. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi gan, karena juga saya sudah mengganti 4 tahun yang lalu

      Hapus
  50. Selamat siang. Saya merubah tanda tangan di e-KTP bisa . caranya sangat mudah. Hanya membawa e-KTP dan fotocopy KK ke kantor pencatatan sipil daerah. Dan proses juga sangat cepat. Tidak butuh waktu lama. Yang lama hanya menunggu e-KTP baru di cetak. Semoga bermanfaat 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. kantor pencatatan sipil daerah itu kelurahan, kecamatan atau dinas kependudukan?

      Hapus
    2. wih ada yang senasib cepet ini

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel