Program Pemutihan Sertifikat Tanah Tidak Sepenuhnya Gratis



Sertifikat Hak Atas Tanah

     Pengertian PTSL    

            Sebelum melangkah ke intinya saya akan menjelaskan pegertian PTSL. Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau yang bisa juga di sebut PTSL adalah kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak bagi semua obyek pendaftaran tanah yang belum terdaftar di seluruh wilayah Republik Indonesia dalam satu wilayah desa/ kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.

              Pada  dua tahun terakhir Bapak Presiden Ir. Joko Widodo baru gencar-gencarnya melakukan reformasi agraria dengan membagi bagikan sertifikat tanah gratis kepada seluruh rakyat Indonesia melalui program yang di sebut PTSL. Tahukah bahwa ada biaya materai,surat-surat, BPHTB , PPh, dan segala akomodasi. Saya disini akan membahas apa sajakah yang gratis dalam program PTSL tersebut, dasar saya menulis ini karena ingin meluruskan stigma banyak orang-orang yang mengangap program pemutihan sertifikat tanah ini tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. 

Saya disini juga akan menjelaskan yang gratis itu apanya aja !

PTSL

Dalam program PTSL ini yang gratis ialah:

-Penyuluhan
-Pengumpulan data ( Alas Hak)
-Pengukuran Bidang Tanah
-Pemeriksaan Tanah
-Penerbitan SK Hk/ Pengeasahan Data Yuridis dan Fisik.
-Penerbitan Sertipikat
-Supervisi dan Pelaporan.

Dalam program PTSL yang ditanggung peserta ialah:

-Penyediaan Surat Tanah (bagi yang belum ada)
-Pembuatan dan Pemasangan Tanda Batas
-Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunana ( BPHTB), jika terkena
-Dan lain-lain ( Materai, Fotokopi, Letter C, Saksi Dsb)

Sosialisasi kurang di tekankan:

 Memang sepertinya sosialisasi  "biaya dari program yang tidak di tanggung pemerintah kurang sedikit tercerna di masyarakat". Salah satu contohnya ya bro, saya pernah melihat postingan di forum Info Cegatan Jogja atau sering disebut  ICJ ( Salah satu forum besar di Yogyakarta)

Sebelumnya saya minta maaf karena tidak bisa memberikan screenshoot  postingan tersebut, di karenakan saya sudah tidak menemukan postingannya entah sudah di hapus atau tenggelam oleh postingan-postingan yang baru, tapi kurang lebih garis besar isi postingannya saya masih ingat.

Ada seseorang yang bertanya dalam postingan tersebut.
“Pemutihan sertifikat tanah itu gratis atau dipungut biaya?? “

Kemudian ribuan anggota forum tersebut mengomentari postingan tersebut. Ada yang bilang gratis ada yang bilang bayar.

Miris lagi saya melihat seseorang mengomentari postingan tersebut dengan percaya dirinya “ Pemutihan sertifikat gratis, jika ada yang meminta biaya sepeserpun lapor polisi” dalam hati saya, ini orang mengerti beneran atau asbun (asal bunyi).

Ada juga komentar seseorang yang pernah berkontribusi dalam program ini. Saya lihat fotonya masih muda. Saya bisa menyebut orang ini berkontribusi karena beliau pernah ikut serta menjadi POKMAS (masyarkat yang ikut menjadi panitia pemutihan sertifikat tanah)

Komentarnya kurang lebih seperti ini “ tetap ada biaya, saya sendiri pernah merasakan betapa beratnya lembur sampai malam jam 1. Kerja berbulan-bulan masa tidak ada bayaran.

Siapa yang melihat komentar pemuda tersebut pastinya menyadari siapa sih yang mau kerja begitu. Nah, peserta tetap membayar iuran salah satunya untuk itu akomodasi ( gaji panitia, makan, transport, pulsa)

Kesimpulanya Program PTSL biayanya ada yang dibebankan kepada peserta dengan iuran yang sudah di sepakati bersama di desa/ kelurahan masing-masing. 

Sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat.





Belum ada Komentar untuk "Program Pemutihan Sertifikat Tanah Tidak Sepenuhnya Gratis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel