Mengecek Keaslian Sertifikat Tanah Online Tanpa ke Kantor Peratanahan/ BPN

Sertifikat Tanah

        Sertifikat tanah adalah suatu bentuk bukti kepemilikan tanah milik seseorang, yang telah didaftarkan dikantor pertanahan/BPN, sehingga mempunyai kekuatan hukum  bagi pemegang haknya terhadap obyek suatu bidang tanah. Ada beberapa sertifikat hak atas tanah yang ada di Indonesia, tetapi hanya sertifikat Hak Milik  yang mempunyai hak terkuat dan terpenuh.

Sertifikat Tanah Online

        Sekarang ini adalah eranya apa-apa serba online, bukan tidak mungkin kedepanya pengurusan sertifikat tanah secara online, walapun sekarang sudah ada inovasi pada BPN, sehingga sudah ada pengecekan proses alur berkas  sertifikat secara online ( alur berkas bisa di cek secara online, oke next akan saya buatkan mengenai artikel ini).

Baca Juga: Pengecekan Tanah Secara Online


Cara Mengecek Sertifikat Tanah Asli atau Palsu Secara Online

        Sesuai judul yang saya buat bahwa kita sebenarnya bisa mengecek sertifikat tanah yang kita miliki secara mandirir,cara ini memudahkan  saat  kita hendak melakukan transaksi dengan orang atau pada saat ingin membeli  kavling tanah. Kemudian yang sering terjadi saat hendak transaksi muncul  keragu-raguan akan keaslian sertifikat tanah tersebut. Bukan hanya satu dua kali kita mendegar kabar ditelevisi atau media elektronik, mengenai kabar  sertifikat palsu. Bukan tidak mungkin kejjadian pemalsuan sertifikat  terjadi kepada kita, dikarenakan memang  kejahatan bisa terjadi dimana saja.

        Ada tips dari saya bagaimana cara melakukan  pengecekan sertifikat, apakah sertifikat tanah kita benar-benar terdaftar dikantor pertanahan atau malah palsu, caranya mudah sekali, karena kita sudah di berikan kemudahan oleh Kementerian Agraria dan Tata ruang.  Kemudahan tersebut berupa peta elektronik ya, bisa diakses dimana saja. Jadi misal kita saat transaksi dengan orang ragu akan keaslian sertifikat tanah tersebut, tinggal kita cek saja mudah kok.Sebelum masuk tahapan web apa yang harus dipersiapkan, yaitu sertifikat yang akan di cek, kemudian cari kode hak miliknya:

Contoh Sertifikat tanah asli

        Selain kode Hak milik dan NIB, kemudian  lihat pada halaman surat ukur berisi peta bidang tanah tersebut berbatasan dengan sapa, dan kadang ada NIB tetangga yang berbatasan, seperti gambar diatas

Buka Peta silahkan di akses disini:


Contoh Surat Ukur Sertifikat Asli
Tampilan Peta Bidang Secara Online

        Setelah masuk di web, maka tampilanya akan seperti ini. kemudian klik saja menu yang saya beri tanda merah.
 

        Untuk mencari kolom mulai mencari, klik menu " ? ", maka akan keluar info seperti gambar diatas ini tuliskan saja informasi yang ada ( Hak milik ). Bukan hanya Hak milik saja yang bisa di cek, namun beberapa hak atas tanah lainnya. 

Bidang tanah yang terdaftar dikantor pertanahan/ BPN

        Setelah di inputkan data tadi, keluarlah bidang tanah tersebut.

Informasi Bidang Tanah pada Sertifikat

       Klik bidang tanah tersebut maka, akan keluar informasi bidang tersebut.

Legenda di Peta Bidang Online
        Kalian juga bisa menggatur legendanya lo,  misal penggunaan tanah diaktifkan dan peta juga pilih sumbernya dari mana, menu ini semua ada di tengah (menu "legenda")

        Kesimpulanya jika bidang tanah tersebut ada dan bentuknya dan nomer hak milik serta NIB sesuai bisa dipastikan sertifikat tersebut asli.  Bisa juga dilihat posisi bidang tersebut dari jalan raya contohnya dan meng-cek nama tetangga dan NIB berbatasan.

        Sekedar info saja,  Kalau bidang tanah belum ditemukan, belum tentu sertifikat tersebut palsu, bisa jadi bidang tanah tersebut belum terploting, misalnya sertifikat2 yang tahun lama,tetapi sekarang ini BPN sudah mulai melaksanakan ploting di seluruh bidang tanah yang ada di Indonesia.

        Sekian tips dari saya mengenai cara mengetahui sertifikat itu asli atau palsu secara gratis, jika anda masih ragu silahkan melakukan pengecekan di BPN/ Kantor Pertanahan terdekat. Semoga bermanfaat



Belum ada Komentar untuk "Mengecek Keaslian Sertifikat Tanah Online Tanpa ke Kantor Peratanahan/ BPN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel