Mengetahui Bidang Tanah Telah Bersertifikat atau Belum

Tanah Dijual

        Sering pada saat suatu kali kita melihat iklan di jalan tentang penjualan tanah, tanpa ada informasi yang jelas, misalnya ada seseorang yang menjual tanahnya hanya menyebutkan "dijual tanah/dikontrakan", kemudian kita bertanya-tanya pastinya, apakah tanah tersebut sudah bersertifikat ?? dan apa hak atas tanahnya apa ? 

        Begini-begini saya disini, mau menjelaskan cara mengetahui bidang tanah tersebut telah bersertifikat atau belum dan memiliki hak atas tanah apa saja (HM,HGB,HGU, dan dll). Caranya gampang banget kok, karena BPN sudah mentrasparansi kepemilikan sertifikat, malalui: 


Sebelum kita jauh membahas lebih lanjut sepertinya kita harus mengetahui dulu apa itu sertifikat tanah:      

Sertifikat Tanah

        Sertifikat tanah adalah suatu bentuk bukti kepemilikan tanah milik seseorang, yang telah didaftarkan dikantor pertanahan/BPN, sehingga mempunyai kekuatan hukum  bagi pemegang haknya terhadap obyek suatu bidang tanah. Ada beberapa sertifikat hak atas tanah yang ada di Indonesia, tetapi hanya sertifikat Hak Milik  yang mempunyai hak terkuat dan terpenuh.

        Setelah di buka link yang ada diatas, maka akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini, kemudian isikan alamat yang akan anda cari lokasinya, seperti kolom yang sudah saya beri kotak warna merah.



        Setelah anda masukan, kalian bisa mengganti base map peta tersebut, untuk memudahkan saya memilihgoogle street ya, kemudian pilih bidang informasi yang akan anda cari (klik 2 kali bidang tersebut) .

Tampilan Peta Bidang BPN

Hasil Tampilanya seperti ini

Tampilan Informasi Peta Bidang BPN

Semoga informasi ini, membantu teman-teman dalam mengetahui bidang tanah itu telah bersertifikat atau belum, oh iya…terkadang kalau bidang tanah belum ada disini atau tidak di temukan, tetapi pemilik tanah yang bersangkutan, memiliki sertifikatnya, kemungkinan peta tersebut belum terploting (peta lama belum dipetakan).



Belum ada Komentar untuk "Mengetahui Bidang Tanah Telah Bersertifikat atau Belum "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel